SELAMAT DATANG DI WEBBLOG KIM NAWALA. WEBBLOG INI MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA SEPUTAR KABUPATEN LUMAJANG DENGAN SEGALA KEBERAGAMANNYA
Home » , , » Ini Lho Motif Batik Lumajangan

Ini Lho Motif Batik Lumajangan

Written By Unknown on Rabu, 04 Maret 2015 | 20.13

Liris Sekar Ontong
Repro motif lawas

Pasti sudah banyak yang tahu kan tentang batik lumajang? Bagaimana corak dan motifnya yang beragam. Ada pisangnya, iya anda benar. Para seniman batik di lumajang dalam pembuatan batiknya terinspirasi dari kekayaan alam di Lumajang, terutama pisang yang menjadi ikon Lumajang. Namun rasanya kurang terlihat artistik jika desain batik digambar sesuai dengan bentuk aslinya. Nah..kali ini ini kita akan membahas salah satu motif batik yang dibuat oleh pengrajin asal Tempeh bernama Yongky atau yang akrab dipanggil mas Bedjo dengan karyanya yang bernama Liris Sekar Ontong. 

Sekar Ontong yang berarti bunga pisang atau yang lebih dikenal dengan jantung pisang bermakna harapan. Jantung pisang merupakan bakal buah pisang. Ontong gedang dalam bahasa jawa merupakan harapan bagi masyarakat lumajang yang akan mendatangkan berkah ketika sudah menjadi buah nantinya. Kata ontong sendiri jika dibaca ontong (untung red) merupakan keberuntungan. Dalam satu ontong/jantung pisang terdapat banyak bunga yang setiap bunganya menghasilkan satu buah pisang, dengan kata lain satu tangan menghasilkan 77-250 buah yang dibagi dalam 6-14 sisir pisang.

Filosofi : Setiap manusia pasti punya harapan, tujuan dan cita-cita. Ketika seseorang berusaha mencapai tujuan pasti akan berusaha dengan keras.  Pisang dikenal sebagai tumbuhan yang tidak akan mati sebelum memberikan manfaat. Sebelum menghasilkan buah, meskipun batangnya ditebang batang tersebut akan kembali tumbuh. Ya..gigih itulah yang mungkin bisa disematkan untuk tanaman yang satu ini. Berbeda dengan tanaman lain, seperti pohon jati mahoni dll, dari luar tampaknya gagah, kokoh dan kuat. Namun tanaman tersebut tak sekokoh pohon pisang.  Ditebang sekali pasti sudah roboh dan mati. Pisang meskipun terlihat lemah dan mudah dirobohkan, tapi pisang dengan gigihnya akan kembali tumbuh meskipun telah ditebang.  Sebelum ontong berubah menjadi buah, pisang tidak akan mati. Pisang baru akan mati ketika buahnya kita ambil.

Hal yang dapat kita ambil hikmah dari buah sumber energy ini  adalah semangat dan kerja keras. Sungguh tergolong orang yang rugi ketika manusia kehilangan harapan. Hidup yang mereka jalani akan terasa hambar dan tak berarti. Manusia yang mempunyai harapan dalam hidupnya, mereka akan selalu semangat dan gigih untuk mewujudkan harapannya. Hambatan untuk meraihnya adalah sebuah ujian. Belajarlah dari pohon pisang, jangan mudah dirobohkan oleh sebuah ujian. Jika pisang mempunyai ontong sebagai jantungnya, manusia mempunyai akal pikiran sebagai kesempurnaan dibandingkan makhluk lain. Kejarlah apa yang menjadi angan-anganmu. Jangan takut bermimpi, tapi ingat jangan terus bermimpi, bangunlah dan wujudkan mimpi-mimpimu. (nawala-ydc)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SEKRETARIAT

Kantor Kecamatan Tempeh
Jl. Raya Tempeh-Pasirian 67371
Desa Tempeh Tengah Kec. Tempeh
Kabupaten Lumajang

Email :
nawala.kim@gmail.com

Contact Person:
Cipto Adhy (085749337477)
Yongky (085646210701)
Khaidar (082132085297)

AYO GERAKKAN 3M PLUS

AYO GERAKKAN 3M PLUS
Mari Galakkan SISKAMLING DB

Arsip Blog

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. (KIM) NAWALA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template